Gold Morning, Welcome to My Blog

Friday, September 12, 2014

7 Tips Menekan Cost

Assalamu'alaikum

Pagi ini saya akan share mengenai 7 tips menekan cost yang saya ambil dari sharetwit Coach Dewa. Tujuan menekan cost itu sendiri agar cashflow bisnis Anda sehat dan profit Anda banyak. Daripada bicara panjang lebar langsung saja kita ke sharingnya Coach Dewa, cekidot ^_^ .

Cash itu darah dalam bisnis. Kalau darahnya sedikit, bisnisnya lemes. Kalau darahnya habis, bisnisnya tutup. Sesimple itu..."Ngotak ngatik angka Cashflow harus jadi habbit Business Owner. Karena keputusan kita, akan menentukan nasib bisnis kita."
 
Dulu saya prnah diledek salah satu guru, "Sewa kantor dong wa..". Saya bilang, "Belum saatnya..". Beliau bilang,"Ah bilang aja ga ada duit. Asem!". Alhamdulillah, sejak jatuh, saya jadi melek finansial, salah satunya ilmu manajemen cashflow."
 
Hasil dari manajemen cashflow yang bagus, bisa sewa 2 kantor sekaligus, gaji karyawan di atas UMR, BONUS utk karyawan sampai 7 juta, dll". Tentu untuk kehidupan pribadi si Ownernya juga sejahtera. Jangan karena dalih "ini passion saya!" (preettt....!!), akhirnya ga menghasilkan."
 
Supaya cashflownya bagus, fokus pada 5 hal ini : Tingkatkan OMSET, tekan COST, minimalkan STOK, minimalkan PIUTANG, maksimalkan HUTANG DAGANG". Poin terakhir, jangan salah persepsi. Hutang dagang ya, bukan hutang bank atau ke orang2. Hutang dagang misal ke supplyer, partner, dll".

Saya akan share tentang poin minimalkan COST. Soalnya kalau tentang naikin OMZET, sudah saya share banyak di buku-buku. hehehehe"

Tips 1: Hentikan iklan yg tidak bermanfaat. Jika sekiranya iklan yang digunakan tidak efektif, segera hentikan! Prinsip > "Low Budget, High Impact"". Bahkan kalau bisa, "NOL BUDGET, HIGH IMPACT". 4 bisnis Saya melakukan hal ini. Kuncinya di Guerilla Marketing. Belajar deh k @YeheskielZebua"

Tips 2: Tim penjualan berbasis komisi saja. Perkecil gaji pokok, perbesar komisinya. Bahkan kalau bisa tidak usah kasih gaji. hehe". Karena seorang tim penjualan yang bener itu mindsetnya pasti entrepreneur, tidak nuntut gaji. Mereka pay by result, not pay by time."

Tips 3: Kurangi ukuran tim. Buatlah tim atau manajemen seperlunya. Sedikit tapi produktif itu lebih baik daripada banyak tapi tidak berguna. "Disinilah kunci PRODUKTIVITAS. Time manajemennya kudu bagus. Setiap tim kudu produktif. SOP & KPI dibuat jelas."

Tips 4: Cari supplier produk termurah. Walaupun murah, tapi tidak murahan. Tetap kudu berkualitas. Kuncinya di skill NEGOSIASI."

Tips 5: Kalau bisa Sewa, jangan beli. Jika sekiranya baru mulai bisnis, jangan terlalu cepat beli tempat. "Awal-awal buka bisnis sewa saja dulu, selain belum pasti, costnya juga lebih rendah. Plus cari yang bisa sewa bulanan, jangan tahunan."

Tips 6: Pahami biaya aktual. Pastikan Anda memahami seluruh biaya aktualnya. Agar Anda bisa mengendalikan biaya tersebut, bukan justru sebaliknya. "Kalau sudah tahu biaya aktualnya, coba kurangi semua biayanya sebesar 10%. Putar otak Anda…"

Tips 7: Beli hanya yang Anda butuhkan. Atur kebutuhan & keinginannya. Yang tidak dibutuhkan, jangan dibeli! Belilah hanya yang benar-benar dibutuhkan. "Biasanya kalau duit kas bisnis sudah banyak, pengusaha pemula "gatel" pengen ngabisin. Silakan saja, paling bulan depan tutup. heu"

Udah deh 7 aja dulu ya... Masih banyak sebenernya. Baca aja deh di buku #7KesalahanFatalPengusahaPemula. KOMPLIT di bab 7.




Semoga manfaat sharingnya ya ^_^ .

 
Ingin memiliki bukunya ?
Hubungi Tim Dewa Eka Prayoga
SMS       : 081213335705
Pin BB    : 2A9D6FB1
 
Anda sedang membaca artikel tentang 7 Tips Menekan Cost dan anda bisa menemukan artikel 7 Tips Menekan Cost ini dengan url http://brilybrilliant.blogspot.com/2014/09/7-tips-menekan-cost.html, anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel 7 Tips Menekan Cost ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link 7 Tips Menekan Cost sumbernya.

No comments:

Post a Comment

Blooming Sparkly Red Rose